About

Haloo! Welcome to my blog yang akan banyak mengulas tentang seputar teknik olah vokal dan seni tarik suara. Jangan kemana-mana yaa :)

Pages

Teknik Pernafasan Bernyanyi yang Baik dan Benar




       Banyak sekali orang-orang yang memiliki talenta dalam bernyanyi. Tetapi tidak sedikit pula orang-orang  yang bernyanyi dengan teknik pernafasan yang salah. Teknik pernafasan adalah teknik paling dasar yang harus dipahami dan digunakan dengan baik oleh para penyanyi. Teknik pernafasan dapat sangat berpengaruh dengan kualitas suara yang dikeluarkan. Teknik pernafasan yang salah dalam bernyanyi daat berakibat fatal lohh.. Seperti contohnya : 
  • Mudah lelah saat bernyanyi
  • Pada saat tengah-tengah bernyanyi, suara bisa tiba-tiba tersedak
  • Tidak dapat menyanyikan nada-nada panjang karena teknik pernafasan yang salah 
  • Suara menjadi serak setelah bernyanyi
  • Pitch yang kurang bisa dicontrol dengan baik
  • Dan banyaaak lagi..
 Nahhh.. Pastinya nggak mau kan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang telah disebutkan di atas.. Untuk itu, saya akan berbagi informasi tentang berbagai macam teknik pernafasan, dan teknik pernafasan dalam bernyanyi yang baik dan benar. Scroll down! 😊

Sebagai langkah yang paling awal, kita perlu mengetahui berbagai macam teknik pernafasan dalam bernyayi, yang dibagi menjadi 3 yaitu :


  1. Teknik Pernafasan Dada
      Teknik pernafasan dada adalah teknik pernafasan yang menggunakan dada sebagai alat dan daya tampung udara. Contoh pernafasan dada adalah pada saat kita bernafas sehari-harinya, seperti yang Anda lakukan saat ini :)

     Meskipun teknik pernafasan ini sering kita temui dan lakukan dalam aktivitas kita sehari-hari, ternyata teknik pernafasan macam ini tidak cocok untuk digunakan saat bernyanyi lohh.. Hal ini dikarenakan pernafasan yang menggunakan daya tampung dada ini kurang cocok untuk digunakan pada saat mengeluarkan nada-nada tinggi dalam sebuah lagu. 

Image result for teknik pernapasan perut
                                                                   

     2. Teknik Pernafasan Perut

     Teknik pernafasan yang kedua ini adalah tekik pernafasan yang menggunakan perut sebagai media tampung udara pada saat bernyanyi. Contoh pernafasan perut adalah pada saat kita sedang tidur terlentang. Nah coba ya pada saat nanti tidur, diperhatikan pernafasannya agar lebih mengerti 😁


    Seperti teknik pernafasan dada, teknik pernafasan perut juga kurang cocok untuk digunakan pada saat bernyanyi. Hal ini dikarenakan udara bebas keluar masuk, sehingga udara kurang terkontrol pada saat melakukan kegiatan tarik suara. 


    3. Teknik Pernafasan Diafragma

     Seperti yang kalian ketahui, diafragma adalah otot yang terletak di antara (bagian tengah) rongga dada dan rongga perut. Sehingga otot diafragma ini juga bertugas menyekat kedua rongga tersebut. 


     Teknik pernafasan macam ini adalah teknik pernafasan yang paling baik dan benar untuk digunakan pda saat bernyanyi. Dengan menggunakan teknik pernafasan diafragma, udara yang masuk dan keluar dapat terkontrol dengan baik, dan juga udara yang masuk akan lebih banyak dan maksimal,sehingga nada-nada tinggi dan panjang dapat dinyanyikan dengan baik.


Nahh, makin ngerti kan tentang macam-macam teknik pernafasan dalam bernyanyi. Jangan hanya membaca saja, tetapi jangan lupa untuk dipraktekkan di rumah juga yaa.. Terimakasih telah setia membaca 😊

        

0 komentar:

Posting Komentar